SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL BUDAYA LAMPUNG DENGAN FRAMEWORK TIMSS


Seiring dengan perkembangan zaman, soal matematika yang kontekstual dengan kehidupan sehari-hari semakin dibutuhkan. Hal ini diperjalas oleh rencana pemerintah terkait perubahan UN di antaranya adalah peningkatan mutu soal yaitu mendorong deep learning dan menggunakan soal kontekstual seperti budaya, sosio-antropologis, dan lingkungan (Putri, 2015). 


Gambar: Gamolan Pekhing 
(Alat Musik Khas Lampung yang Terbuat dari Bambu)



Selain itu penggunaan konteks dalam matematika memiliki beberapa manfaat, yaitu: pembentukan konsep, akses dan motivasi terhadap matematika, pembentukan model, menyediakan alat untuk berpikir menggunakan prosedur, notasi, gambar dan aturan, realitas sebagai sumber dan domain aplikasi, dan latihan kemampuan spesifik di situasi-situasi tertentu (Van den Heuvel-Panhuizen, 1996; Zulkardi & Putri, 2006).

Berikut ini adalah beberapa soal yang saya kembangkan menggunakan TIMSS Framework dan menggunakan budaya Lampung sebagai konteksnya. 






Sekian,
Terima kasih.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Anonim
3 Februari 2022 pukul 13.06

Videos on YouTube: How to watch videos on YouTube
How to watch videos on YouTube. You can't watch YouTube videos without having the YouTube account. The video game is so popular youtube to mp4 that it has been

Posting Komentar

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Pondok Matematika - All Rights Reserved